Skip to main content

Resep Donat Pisang. Wangi Empuk dan Montok


Donat, jajanan yang katanya berasal dari tanah barat ini sudah menjadi makanan populer di seluruh dunia. Umumnya disajikan di gerai-gerai makanan yang khusus menjual donat atau dijajakan lewat bakery.

Tak harus membeli donat di bakery, sekarang pun semakin banyak usaha rumahan yang menawarkan donat dalam berbagai variasi bahan, rasa, dan bentuk. Bisa jadi Anda pun termasuk yang sudah piawai membuat donat sendiri.

Sudah mahir bikin donat sendiri? Kalau begitu saatnya mencoba variasi resep dari jajanan manis berbentuk cincin ini. Ada beberapa jenis donat yang bisa dibuat dengan memodifikasi bahannya. Misalnya saja donat kentang, donat telo dari ubi jalar, atau donat pisang.

Kali ini kita akan belajar cara membuat donat pisang yang empuk, mengembang, dan wangi. Gunakan jenis pisang apa saja yang ada di rumah. Asalkan pisang sudah matang dan tidak memiliki rasa sepat.

Berikut ini resep donat pisang sederhana yang bisa dipraktikkan di rumah.

DONAT PISANG
By @herawaty_lu

Bahan - bahan :

450 gram tepung terigu protein tinggi

200 gram gran pisang matang sekali (haluskan dengan garpu)

50 gram margarine

75 gram gula pasir

75 ml air es

3 butir kuning telur

25 gram susu bubuk

1 sachet ragi instan

1/4 sdt garam

Topping :

sesuai selera Gula halus, mesis, keju dll

Cara Membuat :

Dalam mangkuk besar, campur terigu, gula, ragi dan susu bubuk (aduk rata) lalu buat lubang ditengahnya masukkan kuning telur, aduk rata kembali. 

Masukkan pisang, aduk rata, masukkan air es sedikit demi sedikit lalu uleni adonan hingga kalis.

Masukkan garam dan margarine, uleni kembali hingga kalis elastis. Bulatkan adonan, tutup dengan plastik wrap lalu diamkan selama 40-60 menit.

Kempiskan adonan tipiskan dengan cara di gilas kemudian cetak lalu diamkan selama 30 menit.

Goreng adonan didalam minyak panas dengan api kecil. Cukup balik 1 x saja ya untuk masing- masing sisi lalu tabue dengan gula donat atau hias sesuai selera.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar