Skip to main content

9 Momen pernikahan Cicilia Sinta adik Soimah, kental nuansa adat Jawa


Soimah tak hanya mendampingi sang adik di pelaminan, ia juga unjuk bakat dengan bergabung bersama para penari untuk meramaikan acara tersebut.

Kabar bahagia datang dari keluarga Soimah. Sang adik, Cicilia Sinta, resmi dipersunting sang kekasih, Bayu pada Minggu (20/11) kemarin. Prosesi pernikahan yang dilangsungkan di Pendopo Tulungo, Bantul, Yogyakarta ini berlangsung penuh khidmat.

Di momen sakral tersebut, tampak sang mempelai begitu menawan mengenakan adat Jawa Basahan. Usai melangsungkan akad nikah, pasangan pengantin akan melakukan upacara panggih yang disusul dengan berbagai ritual pernikahan adat Jawa. Mulai dari lantingan, wiji dadi, kirab, dahar klimah, hingga prosesi sungkeman.

Sebagai kakak, Soimah pun tampak setia menemani adiknya. Baginya, inilah momen berharga untuk adiknya sebelum menjalani bahtera rumah tangga. Menariknya, di momen tersebut penampilan Soimah turut mencuri perhatian. Dengan mengenakan kebaya kutu baru hijau lumut dan rambut disanggul, ia tampil cantik dan memesona.

Penasaran? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, momen pernikahan adik Soimah pada Senin (22/11)

1. Kebahagiaan tengah dirasakan Soimah saat menjadi saksi perjalanan cinta sang adik hingga prosesi pernikahan.


2. Mengusung pernikahan nuansa adat Jawa, sang pengantin turut melakukan berbagai prosesi upacara adat sebelum duduk di pelaminan.


3. Setelah prosesi wiji dadi, dimana telur disentuhkan ke dahi kedua mempelai, pasangan pengantin ini diarak ke pelaminan.


4. Mengenakan adat Jawa Basahan, Cicilia adik Soimah tampil cantik. Begitupun dengan sang suami, Bayu yang gagah.


5. Kemudian dilanjutkan prosesi tampa kaya. Pengantin pria memberikan bunga kepada pengantin perempuan yang melambangkan rasa tanggung jawabnya memberi nafkah kepada istrinya.


6. Nggak ketinggalan, dahar klimah. Mempelai pria akan memberikan 3 kepalan nasi kepada mempelai wanita yang dimakan bersamaan.


7. Suasana berubah menjadi haru ketika pasangan pengantin menjalani proses sungkeman untuk meminta doa restu kepada kedua orang tuanya.


8. Prosesi pernikahan adik Soimah ini juga berlangsung meriah dengan penampilan tari dari Didik Nini Thowok.


9. Juga kehadiran seniman asli Jogja, Yu Beruk dan kawan-kawan yang menambah suasana menjadi tawa dan suka cita.


10. Di momen pernikahan sang adik, yang turut mencuri perhatian penampilan Soimah. Turut menari di akhir acara, ia tampil cantik dalam balutan kebaya kutu baru dan rambut disanggul. Senyum sumringah Soimah pun terpancar jelas di wajahnya.


11. Begitupun dengan sang adik, Cicilia yang tampil cantik dan luwes saat tengah menari. Parasnya mirip banget nih dengan Soimah.


(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar