Skip to main content

Sosok Ansori, Pria Jombang Penolong Anak Vanessa Angel seusai Kecelakaan, Merangkak Naik Jalan Tol


Inilah sosok pria Jombang yang selamatkan anak Vanessa Angel, Gala Sky Andriansyah beberapa saat setelah kecelakaan maut terjadi pada Kamis (4/11/2021). 

Pria penolong itu adalah Ansori (54), warga Dusun Gondanglegi, Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Saat kecelakaan maut menimpa Vanessa Angel dan keluarganya di Jalan Tol Jombang-Mojokerto, Ansori berada di bawah jalan tol. 

Saat itu, Ansori yang sehari-hari menjadi pedagang beras itu tengah membeli es kelapa muda di bawah jembatan tol. 

"Saya waktu itu berada tidak jauh dari TKP.

Setelah dengar dentuman 'duerrr', saya melihat sosok mobil putih terbang.

Saya lari, di bawah jembatan tol itu," terang Ansori dikutip dalam wawancara dengan TVOne, Minggu (7/11/2021). 

Karena saat itu kondisinya tengah sakit asam urat, Ansori harus merangkak untuk bisa masuk ke jalan tol. 

Ketika sudah di atas, dia melihat mobil Vanessa sudah berbalik arah. 

"Waktu itu korban wanita yang katanya Mbak Vanessa Angel sudah terkapar. 

Setelah saya putar di samping mobil, aada sosok kelaki ada suami mbak Angel, sudah di bawah karena badannya terikat sabuk pengaman," akunya. 

Dia lalu mengintip di dalam mobil, melihat ada seorang perempuan duduk di belakang. 

Dia lalu mencoba membuka pintu samping dan bekasi, namun tidak bisa. 

Ketika panik, dia melihat bagian kemudi dan mencoba memencet tompol di samping stir, namun tetap tidak bisa membuka pintunya. 

"Saya dihampiri oleh pengendara mobil yang lain. 

Jangan dilanjutkan biar aparat tahu dulu," katanya. 

Diberi tahu seperti itu, Ansori pun mengurungkan niatnya.

Ansori langsung bergegas kembali ke tempat asalnya.

Namun tak jauh dari TKP, Ansori terkejut saat mendengar suara tangisan bayi.

Tangisan tersebut rupanya berasal dari Gala, anak Vanessa Angel.

Gala sudah berada di dalam mobil berwarna abu-abu di TKP.

"Saya berusaha untuk turun (kembali ke rumah), kaki Saya saat itu sakit karena asam urat. Tapi saat Saya mau turun, Saya menghampiri mobil warna abu-abu, di situ terdengar tangisan bayi. Ternyata ada bayi kecil itu," ungkap Ansori.

"Saat itu Gala sudah ada di bangku depan mobil abu-abu (mobil lain). Sendirian, dengan kondisi dia menangis. Terus Saya dengar, langsung Saya angkat," sambungnya

Tak basa-basi, Ansori langsung menggendong Gala dengan tergopoh-gopoh.

Ansori bergegas mencari petugas kepolisian dan menyerahkan Gala.

"Spontanitas rasa kemanusiaan Saya tumbuh, langsung Saya angkat itu (Gala). Saya enggak berani mandang matanya karena bercucuran darah. Terus Saya gendong. Saya lari, berusaha untuk memberikan anak itu ke petugas," pungkas Ansori.

Usai memberikan Gala kepada polisi, Ansori melihat keberadaan sopir Vanessa Angel, Tubagus Joddy.

Diungkap Ansori, Joddy berada tak jauh dari TKP.

Setelah menggendong Gala, petugas segera menyerahkan anak Vanessa Angel itu ke Joddy.

"Setelah Saya memberikan anak itu ke petugas, oleh petugas diberikan sama sopirnya Mba Angel (Gala diserahkan ke Tubagus Joddy). Setelah itu Saya menenangkan diri baru Saya turun," ujar Ansori.

Bersyukur melihat kondisi Gala kini, Anshori berharap bisa bertemu anak Vanessa Angel suatu saat nanti.

Anshori berharap agar Gala senantiasa sehat.

Gala Dibawa Pulang ke Jakarta


Dalam waktu dekat, Gala Sky Andriansyah (2) putra semata wayang Vanessa Angel dan Febri Andriansyah, bakal kembali ke pihak keluarga besarnya di Jakarta.

Kabarnya, hari ini Senin (7/11/2021), Gala beserta Siska Lorensa, telah memperoleh rekomendasi pihak medis untuk melanjutkan perawatan di rumah.

Lalu, nantinya. Pihak keluarga siapa yang bakal memperoleh hak pengasuhan Gala sekembalinya dari tempat perawatan RS Bhayangkara ke Jakarta.

Perihal pengasuhan, adik kedua Febri Andriansyah, Fadli Faisal menegaskan, sekembalinya Gala Sky ke Jakarta, bakal langsung dirawat di kediaman kedua orangtuanya.

"Gala bakal diasuh keluarga kami. Keluarga dari kak bibi, itu pasti Semua aku adikku abangku papaku pasti ngebantu," ujarnya di RS Bhayangkara Surabaya, Minggu (8/11/2021).

Dan, Fadli mengaku berterima kasih kepada semua sahabat dan kolega Vanessa Angel dan Febri Andriansyah yang sudah membantu Gala Sky sejak awal insiden tersebut, hingga proses perawatannya.

"Dan teman teman kak bibi dan kak vanes pasti ngebantu, secara doa ataupun keperluan yang lain," pungkasnya.

Sebelumnya, Gala Sky Andriansyah (2) putra semata wayang Vanessa Angel dan Febri Andriansyah dikabarkan telah memperoleh rekomendasi dokter RS Bhayangkara Surabaya untuk bisa dipulangkan ke Jakarta, Minggu (7/11/2021).

Adik mendiang Febri Adriansyah, Fujianti Utami mengungkapkan, pihaknya sudah memperoleh rekomendasi dari pihak medis RS Bhayangkara Surabaya yang merawat Gala, sejak Kamis (4/11/2021).

Rencana kepulangan tersebut bakal dilakukan pada Senin (8/11/2021) besok sekitar pukul 07.00 WIB, dengan memanfaatkan penerbangan pesawat pertama dari Bandar Udara Juanda Surabaya.

"Alhamdulillah operasinya lancar dan berjalan cepat. Besok kayaknya gala sudah bisa pulang ke Jakarta. Besok pagi, naik pesawat. Sudah dapat rekomendasi dokter," ujarnya di Lobby RS Bhayangkara Surabaya.

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar