Skip to main content

'Biarkan Gala' Komnas PA Anjurkan Doddy Sudrajat Tak Perlu Meminta Soal Permohonan Perwalian Ke Pengadilan


Doddy Sudrajat mendatangi Komnas Perlindungan Anak untuk berkonsultasi perihal cucunya, Gala Sky Ardiansyah, Jumat (24/12/2021).

Di mana Doddy Sudrajat menduga Gala Sky Ardiansyah dieksploitasi dan dijadikan objek mencari simpati orang agar mendapatkan sumbangan dari masyarakat oleh keluarga Faisal.

"Ada keluhan juga dari Pak Doddy apakah pemanfaatan situasi Gala, eksploitatif atau tidak," ungkap Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, saat ditemui Grid.ID di Komnas Anak, TB Simatupang, Jakarta Timur, Jumat (24/12/2021).

Arist Merdeka Sirait mengungkapkan jika dugaan Doddy Sudrajat perihal cucunya dieksploitasi tersebut benar adanya, maka pelanggaran hukum telah terjadi.

"Saya katakan jika unsur eksplitatifnya terpenuhi, memanfaatkan, membuat anak tidak nyaman dan sebagainya itu adalah eksploitasi, dan ini tidak dibenarkan dalam UU," ungkap Arist Merdeka Sirait.

Disamping itu, Doddy Sudrajat berkonsultasi perihal pengasuhan dan keberadaan Gala Sky Ardiansyah.

Menanggapi hal ini, Arist Merdeka Sirait menganjurkan agar Gala Sky Ardiansyah diasuh di tempat yang membuat sang anak nyaman dan tumbuh dengan baik.

"Jadi dalam perspektif perlindungan anak, saya sampaikan di mana Gala itu nyaman dan enjoy, biarkan dia tumbuh berkembang dalam posisi itu, dan orang disekitarnya termasuk Pak Doddy keluarga besarnya, termasuk kelurga Pak Faisal itu mengkondisikkan agar anak itu bertumbuh dan berkembang dengan baik," ungkap Arist Merdeka Sirait.

Oleh karena itu, Arist Merdeka Sirait merasa tak perlu adanya permohonan perwalian yang saat ini tengah diperjuangkan Doddy Sudrajat.

"Tidak perlu ada permintaan penetapan pengadilan misalnya, ini hak perwaliannya kepada siapa dan siapa, dalam perspektif perlindungan anak biarkan Gala, dimana dia berada dan senang dan orang sekitarnya harus memfasilitasi itu, dan tidak ada yang satu dan lain menghambat itu," tutup Arist Merdeka Sirait.

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar