Skip to main content

7 Potret Artis dengan Balutan Kebaya, Bentuk Cara Rayakan Hari Kartini


Hari Kartini diperingati setiap 21 April 2021 setiap tahun. Hari Kartini selalu diselenggarakan untuk mengenang jasa perjuangan Raden Ajeng Kartini.

R.A Kartini berjuang dalam menyuarakan pemikirannya sebagai perempuan yang bisa setara dengan laki-laki.

Hingga kini, perjuangan Kartini diteruskan oleh para perempuan Indonesia agar kedudukan perempuan bisa setara dengan laki-laki dalam berbagai bidang.

Di tahun 2022 ini, para artis Indonesia juga seberasi Hari Kartini dengan berbagai cara, salah satunya memposting foto mereka menggunakan kebaya sebagai salah satu simbol perempuan yang elegan.

Selain mengunggah foto dengan kebaya, mereka juga menyematkan caption pesan yang mengarah pada bentuk mengapresiasi perempuan Indonesia.

Berikut ini artis yang mengenakan kebaya saat peringatan Hari Kartini 2022. Selengkapnya di Popmama.com.

1. Yura Yunita berkebaya kutu baru sambil bernostalgia masa kecil


Yura Yunita juga merayakan Hari Kartini pada 21 April tahun ini. Pelantun Tutur Batin ini mengenakan kutu baru berwarna hijau yang cerah. 

Makeupnya yang natural begitu cantik diaplikasikan pada tone wajah Yura yang khas dari perempuan Indonesia. 

Bukan hanya melakukan perayaan Hari Kartini, Yura juga bernostalgia dengan mengucapkan terima kasih pada "Yura Kecil" yang ia panggil 'Neng' sesuai panggilannya hingga saat ini.

2. Andien memesona dengan kebaya brokat putih


Selanjutnya, Andien yang tampil sangat memesona dengan kebaya brokat berwarna putih. Diketahui ia mengenakan koleksi  Svarna dari Didiet Maulana.

Kebaya putih yang cantik dilengkapi dengan makeup khas perempuan Indonesia. Rambutnya dikonde cukup besar dilengkapi dengan hair piece yang indah. 

Tak hanya itu, Andien mengenakan aksesori anting mutiara, gelang, dan bros yang kental dengan gaya kebaya Indonesia. 

3. Intan Aletrino tampil elegan dengan balutan kebaya merah


Makeup bold dengan sentuhan lipstik warna senada dengan kebayanya memberikan daya tarik tersendiri.

Ia menyisipkan sebuah caption sebagai caranya merayakan Hari Kartini. 

Kita dapat menjadi manusia sepenuhnya, tanpa berhenti menjadi wanita sepenuhnya.”
- R.A. Kartini -

Selamat Hari Kartini untuk seluruh wanita hebat Indonesia ♥️

4. Tatjana Saphira tampil begitu ayu dengan balutan koleksi dari Didiet Maulana


Pada Instagram Didiet Maulana, Tatjana Saphira tampil ayu dengan kebaya berwarna merah muda yang manis.

"Tepat @svarna_byikatindonesia berusia 10 tahun. Perjalanan lumayan mempelajari busana-busana khas Indonesia. Dari ga tau apa-apa tentang kebaya, baju kurung, baju bodo dan lain-lain, akhirnya bisa berkenalan dgn banyak kartini-kartini yg sharing ilmunya padaku," kata Didiet. 

5. Tara Basro berpenampilan edgy dengan kebaya abu-abu dilengkapi kacamata hitam


Dalam Instagramnya, Tara Basro tampil edgy memadukan kebaya berwarna abu-abu dan kacamata hitam. 

Tak hanya tampil dengan gaya kebaya modern, ia juga berbagi cerita dalam Instagramnya.

Hari Kartini dirayakan setiap tahun, namun kali ini sangat membuka mata gue. Kartini adalah seorang pemikir dan penggerak. Salah satunya kejayaan seni ukir Jepara.

Kartini memerhatikan nasib para perajin yang hidupnya jauh dari kata sejahtera, karya yang nyaris tak dihargai, tak sebanding dengan jerih payah mereka

​​​​Kartini memerjuangkan ukiran Jepara ke dunia luar, bahkan turut memelopori pembuatan motif ukiran wayang, lung-lungan bunga, dan macan kurung. Di tahun 1898 Kartini dan saudarinya berhasil mengirimkan beberapa karya perajin Jepara pada sebuah pameran di Belanda, dan menjadi lompatan besar bagi citra seni ukir Jepara di mata mancanegara

Itu semua dilakukannya pada usia yang sangat amat muda. Kisah ini bikin gue mengevaluasi diri gue, apakah gue udah cukup berperan bagi pejuang seni Indonesia? Apa yang bisa gue lakukan lebih dari sekarang? Kalau kalian sendiri bagaimana?

6. Bunga Jelitha turut sampaikan selamat Hari Kartini pada perempuan Indonesia


Sembari mengucapkan selamat Hari Kartini pada perempuan Indonesia, Bunga Jelitha juga membagikan fotonya dalam Instagramnya.

Ia menggunakan kebaya berwarna hijau yang terlihat mewah dan cantik. 

Makeupnya begitu tajam membuat wajah ya semaki tampak menawan. Hiasan pada rambutnya menambah pesona pada penampilannya.

7. Maudy Ayunda bagikan foto berkebaya dengan konsep klasik


Potret selanjutnya datang dari Maudy Ayunda, ia membagikan foto berkebaya dengan konsep klasik.

Terlihat, ia mengenakan kebaya vintage yang simpel namun memiliki rasa tersendiri bagi siapapun yang melihatnya.

Rambutnya dikonde melengkapi riasan wajahnya yang natural.

Sebuat mini bag menjadi daya tarik dari penampilannya. Aksesoris lainnya, ia mengenakan gelang berukuran besar dan kalung. 

Itulah penampilan para artis perempuan Indonesia saat memperingati Hari Kartini. Mereka tampak begitu bangga menggunakan kebaya dalam merayakan perjuangan Kartini.

Bukan hanya dalam segi penampilan, setiap caption yang mereka sematkan pada Instagram-nya memperlihatkan betapa mereka menghargai diri sendiri dan banyak perempuan lainnya. 

Bagaimana Mama memperingati Hari Kartini tahun ini?

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar