Skip to main content

Selain Justin Bieber, Ini Deret Artis yang Pernah Berjuang Melawan Kelumpuhan Wajah


Penyanyi Justin Bieber mengabarkan bahwa dirinya mengidap Ramsay Hunt Syndrome sehingga mengalami kelumpuhan wajah.

Melalui akun instagram @justinbieber, Bieber menjelaskan penyakit yang diidapnya sekaligus menunjukkan kepada para fans bahwa separuh wajahnya kini lumpuh.

"Saya mengidap sindrom yang disebut sindrom Ramsay Hunt dan ini diakibatkan oleh sebuah virus yang menyerang telinga dan wajah saya sehingga sebagian wajah saya lumpuh," uajrnya dalam unggahan, Sabtu (11/6/2022).

Kendati demikian, kelumpuhan wajah seperti yang dialami oleh Bieber bukan merupakan kasus pertama yang menimpa selebriti.

Sejumlah artis Hollywood juga pernah berjuang melawan kelumpuhan wajah. Namun, kebanyakan artis Hollywood ini menderita Bell's Palsy bukan Ramsay Hunt Syndrome.

Dilansir dari National Library of Medicine, ada beberapa perbedaan antara kedua penyakit ini, meski sama-sama menyebabkan kelumpuhan salah satu bagian wajah.

Disebutkan, Ramsay Hunt Syndrome biasanya menimbulkan kelumpuhan wajah lebih parah dan lebih sukar sembuh sempurna, tak seperti Bell's Palsy yang lebih mudah sembuh dan biasanya bisa pulih sempurna seperti sedia kala. 

Berikut deret artis yang berjuang melawan kelumpuhan wajah:

1. Angelina Jolie

Angelina Jolie pernah mengabarkan bahwa dirinya mengidap Bell's Palsy. Dilansir dari USA Today, pemeran Maleficent itu mengungkapkan bahwa ia mengalami masa-masa sulit saat mengurus perceraiannya dengan mantan suaminya, Brad Pitt.

Salah satu kesulitan yang harus dihadapinya adalah ketika ia diagnosis mengidap Bell's Palsy.

Penyakit tersebut mengakibat kerusakan saraf wajah pada Jolie. Ia mengalami kelumpuhan wajah di salah satu sisi.

Artis itu berjuang melawan kelumpuhan wajah dengan mengikuti terapi akupunktur untuk pemulihan.

Saat itu, wajah Jolie sudah kembali pulih dan dapat beraktivitas. Bahkan, pada akhir 2021 lalu ia sukses tampil di film bikinan Marvel Studio dengan memerankan tokoh Then di Film Eternals.


2. Scarlett Moffatt

Pemenang I’m a Celebrity, Scarlett Moffatt, mengaku pernah menderita Bell's Palsy yang mengakibatkan kelumpuhan wajah.

Dikutip dari The Sun, Moffatt didiagnosis mengidap penyakit tersebut pada usia 11 tahun usai mengalami kecelakaan sepeda.

“Saya tidak bisa menutup mata kiri saya dengan benar. Saya harus tidur dengan sedikit penutup mata dan mulut saya masih miring ketika saya berbicara, meskipun orang tidak terlalu memperhatikan," ujarnya.

Moffat juga kerap merasakan mata kirinya berkedut ketika dirinya kelelahan.

3. George Clooney

George Clooney mengungkapkan kepada publik bahwa ia pernah mengidap Bell's Palsy atau kelumpuhan wajah.

Ia didiagnosis mengidap Bell's Palsy saat masih menempuh pendidikan di sekolah menengah.

“Itu adalah tahun pertama sekolah menengah, yang merupakan waktu yang buruk karena separuh wajah saya lumpuh,” kata Clooney, dilansir dari Washington Post.

Saat itu, Clooney mengaku merasakan bahwa lidahnya tidak berfungsi secara normal. Proses pemulihan Clooney cukup lama, yakni sekitar 9 bulan.

4. Pierce Brosnan

Pierce Brosnan, yang dikenal karena empat perannya dalam film James Bond, menderita Bell's palsy di masa mudanya dan sejak itu pulih sepenuhnya.

Sekitar tahun 1980, Brosnan berjuang melawan kelumpuhan sebagian wajahnya. Saat itu, ia menjalani pengobatan dengan prednison dan dinyatakan pulih dalam beberapa minggu.


5. Sylvester Stallone

Dilansir dari New24, Sylvester Stallone yang terkenal karena membintangi Rambo ini pernah mengalami kelumpuhan wajah. Penyakit tersebut dideritanya lantaran komplikasi saat lahir.

Bahkan, Stallone memiliki gaya bicara yang khas saat berbicara. Jika diperhatikan dengan saksama, senyum pria itu cenderung bengkok dengan bicara yang tidak jelas.

Kedua hal tersebut merupakan efek sisa dari Bell's palsy yang diidapnya.

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar