Skip to main content

Viral Video Bangun Rumah Hanya Rp70 Juta, Banyak yang Tak Percaya


Pemilik akun TikTok @wakjon5 membagikan pengalamannya membangun rumah dengan anggaran minim.

Membangun rumah pasti membutuhkan banyak biaya. Bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Tak heran saat membangun rumah, seseorang menyiapkan anggaran yang cukup besar.

Harga lahan, material, hingga jasa pekerja bangunan, tentunya begitu besar. Siapa sangka di kondisi yang serba mahal seperti sekarang ada yang bisa membangun rumah hanya dengan biaya Rp70 juta.

Pemilik akun TikTok @wakjon5 membagikan pengalamannya membangun rumah dengan anggaran minim, hanya Rp70 juta saja. Untuk material, ia menggunakan batu bata dan kayu.


" Memberanikan diri membangun rumah dengan budget 70 juta," tulisnya dalam keterangan video.

Setelah melalui tahapan pembangunan, hasilnya hunian mungil dengan desain simpel. Serba putih dan tampak bernuansa modern. Rumah tersebut dilengkapi dua kamar kamar tidur.

Simpel dan Modern

Terdapat ruang tamu terbuka hingga ke arah dapur. Tampak simpel, modern tapi berkesan nyaman. Video tersebut memancing banyak respons warganet. Banyak yang penasaran bagaimana bisa menekan biaya hingga seminimalis itu untuk membangun rumah tersebut.


" Ada yang bilang mustahil, juga ada yang bilang nggak mungkin. Palingan itu nggak sama ongkos tukangnya. Salah! Aku dah punya rinciannya," tulis sang pemilik video.

Rupaya, ia dapat membangun rumah dengan anggaran minim karena ikut turun tangan menjadi tukang saat membangun rumah. Untuk ukuran rumah juga memang tak terlalu luas.

" Kenapa bisa murah, karena aku jadi tukangnya, ukuran rumah aku nggak besar cuma 9 meter x 6 meter, 9 meter panjang, 6 meter lebar," ungkapnya.

Jasa pekerja untuk membangun rumah, ternyata tak terlalu besar. Pasalnya, pekerja yang membangun rumah tersebut adalah keluarganya sendiri.

" Aku bikin ini sendiri bareng uwak aku (paman). Keluarga aku itu kuli semua. Harga tukangnya biasanya 150 ribu (per hari), aku hanya 130 ribu (per hari), tinggal dikalikan 60 hari," ungkapnya.


Ia juga memperlihatkan detail biaya yang dikeluarkan untuk material dan biaya lainnya. Hasilnya, uang yang dikeluarkan sekitar Rp55,6 juta. Rumah yang dibangun ini berlokasi di Medan, Sumatera Utara.

Banyak yang Tak Percaya

Komentar pun bermunculan menanggapi video tersebut dan banyak yang tak percaya. " saya tukang udh sering buat rumah, jdi dengan budget 70 rumah sprti ini saya yakin 1000% tidak termasuk upah nya," komentar salah satu akun.

" Di luar logika sm bahan dan ongkos upah," tulis warganet.

" mungkin maksud nya budget sementara 70jt..sisanya 3jt x 5th," ungkap akun lain yang tak percaya.

Lihat videonya


Sumber : dream.co.id

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar