Skip to main content

3 Gaya Parenting ala Nikity Willy dan Indra Priawan yang Tuai Banyak Pujian, Ternyata Bagus untuk Coba Diterapkan!


Nikita Willy, salah satu selebritas Indonesia yang saat ini namanya banyak diperbincangkan karena gaya parentingnya.

Bersama dengan sang suami, Indra Priawan, Nikita Willy menerapkan pola asuh tertentu terhadap anaknya yaitu Issa Xander Djokosoetono. Meski di awal sempat menuai pro dan kontra, saat ini justru banyak yang beranggapan bahwa pola asuh yang ia terapkan kepada baby Izz, panggilan akrab anaknya, merupakan pola asuh atau parenting yang cerdas dan efektif untuk membentuk kebiasaan baik pada anak.

Hmm, bagaimana sih supaya bisa menjadi ibu cerdas seperti Nikita Willy? Simak ulasan di bawah in ya!

1. Menerapkan Metode Baby Led Weaning atau BLW


Mungkin masih banyak di antara kita yang masih awam dengan metode ini. Yups, metode baby led weaning atau disingkat BLW adalah sebuah metode yang digunakan untuk memperkenalkan makanan pendamping ASI atau MPASI kepada sang anak.

Dimana sang anak akan dipersilahkan untuk memilih makanannya sendiri tanpa disuapi. Eits, tapi perlu diingat juga nih, makanan pendamping ASI yang dipersiapkan perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan usia anak. Metode ini membiarkan sang anak untuk mengenal tekstur dan rasa makanan yang sangat baik untuk perkembangan motorik.

Seperti Nikita Willy, ia menerapkan metode BLW kepada anaknya. Nikita Willy mempersiapkan MPASI yang sesuai dan baik bagi baby Izz dan membiarkannya menikmati makanan tersebut tanpa disuapi.

Meski begitu, ketika makan, Nikita Willy tetap memperhatikan dan mengarahkan baby Izz agar ia bisa belajar secara perlahan. Hasilnya, baby Izz pun saat ini tidak kesulitan makan. Bahkan, di usianya ia sudah pandai dan paham bagaimana cara makan sendiri tanpa bantuan orangtuanya.

2. Melakukan Sleep Training


Mungkin masih terasa awam bagi orangtua untuk meninggalkan anaknya yang belum genap satu tahun tidur sendiri, tetapi hal ini malah dilakukan oleh Nikita Willy.

Sebelum meninggalkannya sendiri, Nikita Willy menyewa jasa sleep trainer selama dua minggu agar baby Izz beradaptasi baik dengan lingkungan dan waktu tidurnya. Eits, tapi bukan tanpa alasan Nikita melakukan hal ini.

Nikita Willy percaya dengan menerapkan sleep training atau pembelajaran tidur sendiri bagi baby Izz sesuai dengan jadwalnya dapat membuat kondisi lebih seimbang atau balance. Di saat baby Izz tertidur, Nikita Willy bisa memiliki waktu untuk melakukan pekerjaan lain atau kegiatan lain tanpa takut dihantui rasa khawatir jika alih-alih Issa terbangun dan menangis.

Sleep training sendiri tentunya membawa manfaat bagi sang anak. Dengan menerapkan hal ini, anak akan memiliki tidur yang lebih berkualitas yaitu 9-12 jam dalam sehari.

Selain itu, dengan menerapkan sleep training anak akan mendapatkan perkembangan maksimal dan berisiko lebih rendah untuk mengalami masalah perilaku. Sleep training juga dipercaya dapat membuat anak lebih mudah bahagia lho!

3. Tidak Memberikan Gadget


Dewasa ini melihat anak-anak dengan gadget rasanya menjadi hal yang lumrah ya. Baik dimainkan atau sekedar menjadi bahan tontonan hal ini menjadi hal yang wajar.

Melihat fenomena ini, Nikita Willy memutuskan untuk menghindarkan bahkan tidak memberikan gadget sama sekali untuk baby Izz, sekalipun itu untuk menonton kartun atau hal-hal yang lain yang biasanya disukai anak-anak. Hal ini ia lakukan atas anjuran dokter yang mengatakan bahwa bayi yang sudah melihat gadget maka fokusnya akan berpindah dan fokus terhadap gadget.

Jika anak sudah fokus terhadap gadget, maka ia akan mudah malas untuk berkegiatan seperti malas mengunyah, malas berinteraksi, malas merangkak, hingga akhirnya anak akan malas untuk mengeksplor hal-hal baru. Anak yang malas melakukan kegiatan bahkan kegiatan dasar atau kegiatan basic yang ia perlukan maka akan berimbas ke perkembangannya yang terhambat.

Sebisa mungkin untuk tumbuh kembang anak, Nikita Willy mengusahakan agar tak ada distraksi atau zero distraction.

Ketiga hal di atas adalah pola asuh atau parenting yang saat ini dilakukan oleh Nikita Willy. Meski terdengar awam, tentunya Nikita Willy melakukan hal tersebut melalui berbagai pertimbangan dan niat yang tulus. Bagaimana menurutmu?

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar