Skip to main content

13 Tahun Menanti Gelar Sarjana, Ini Perjuangan Enzy Storia yang Bikin Bangga


Perjalanan panjang Enzy Storia untuk menyelesaikan pendidikan tingginya sangatlah istimewa setelah menanti 13 tahun. Tepat pada 18 November 2023, artis cantik keturunan Polandia ini baru saja wisuda sarjana.

Setelah menunda kuliah cukup lama, Enzy Storia akhirnya berhasil menyandang gelar sebagai sarjana. Seperti diketahui, sebelumnya istri Maulana Kasetra ini memutuskan berkuliah pada tahun 2019 lalu dengan mendaftar di Binus University.

Melalui akun media sosial, Enzy berbagi kisah perjuangan di bidang akademis. Apalagi, keberhasilannya ini menjadi bentuk apresiasi diri sendiri atas tekad dan usaha yang telah ditempuh Enzy Storia sekaligus janji kepada sang ibu. Berikut ini perjuangan Enzy yang bikin bangga.

1. Tunda Kuliah Bertahun-Tahun


Enzy Storia berbagi kisah perjuangan kuliah yang sempat ia tunda bertahun-tahun. Bahkan, ia sempat merasa isi saat melihat teman-temannya mulai menjalani ospek dan meraih gelar sarjana. Bukan tanpa alasan, Keputusan untuk memprioritaskan kesehatannya dan bekerja menjadi langkah yang tak mudah bagi Enzy hingga harus menunda kuliah.

"13 tahun yang lalu di saat lulus SMA sedih banget rasanya harus menunda untuk kuliah karena sakit dan harus mulai bekerja. Melihat teman-teman yang mulai ospek, lalu 4 tahun kemudian datang ke wisuda mereka," tulis Enzy Storia seperti dalam caption @enzystoria.

2. Prioritaskan Bekerja


Enzy Storia memahami betul adakalanya perlu membuat keputusan sulit antara pendidikan dan bekerja. Waktu itu, prioritasnya bukanlah kuliah, melainkan memasuki dunia kerja. Meski mengaku cukup sedih harus menunda kuliah, Enzy tetap berniat mengejar gelar sarjana.

"Dalam hati ada nyeseknya, tapi selalu berpikir nanti kalau sudah siap aku pasti bisa juga sarjana karena pada saat itu prioritasnya bukan kuliah melainkan bekerja," sambungnya.

3. 2019 Daftar Kuliah


Tahun 2019 menjadi momen bersejarah ketika Enzy memberikan hadiah istimewa untuk dirinya sendiri dengan mendaftar kuliah. Keputusan ini diambil dengan pertimbangan matang, memungkinkan Enzy untuk tetap fokus pada pendidikannya. Selain itu, ia memilih jalur online di tengah kesibukan sebagai artis. Meskipun memilih kuliah jalur online, yang diutamakan oleh Enzy adalah kesempatan memperoleh ilmu yang berharga.

"2019 memberikan hadiah untuk diri sendiri daftar kuliah dan memilih untuk online saja yang penting tetap dapat ilmunya dengan waktu yang lebih flexible. Jadi nggak ada alasan untuk nggak selesai," ujarnya.

4. Ungkap Perlu Membagi Skala Prioritas


Tidak hanya menjalani peran sebagai artis yang sukses, Enzy Storia juga menempatkan prioritas pada pendidikan tingginya. Meski awalnya bukan hal yang mudah, Enzy dengan gigih menjalani setiap fase perjuangan, mengerjakan tugas-tugas kuliahnya.

"Tidak mudah awalnya cuma dijalanin saja, dikerjain tugas-tugasnya, dan menempatkan hal ini menjadi salah satu prioritas," ungkapnya.

5. Jadwal Padat Saat Semester Akhir


Perjalanan Enzy Storia saat kuliah penuh dengan tantangan, terutama saat mendekati momen kelulusan. Kesibukan Enzy mencapai puncaknya, ketika ia harus membagi waktu dengan tanggung jawab yang datang bersamaan. Meski dihadapkan padatnya jadwal, Enzy Storia berhasil melewatinya.

"Setahun terakhir semester 7-8 paling susah dijalaninya dengan padatnya waktu kerja, mempersiapkan pernikahan, dan bimbingan skripsi di saat perbedaan waktu 12 jam dengan Jakarta," lanjutnya.

6. Raih Gelar Sarjana Management Dalam 4 Tahun


Setelah perjalanan panjang yang penuh tantangan, Enzy Storia akhirnya berhasil lulus kuliah. Empat tahun perjalanan kuliahnya bukanlah tanpa hambatan, dan Enzy menyadari bahwa setiap pencapaiannya tersebut menjadi mungkin berkat dukungan, bimbingan, dan semangat dari orang terdekat.

"Tapi akhirnya datang juga hari di mana bisa wisuda dan dinyatakan lulus sebagai Sarjana Management. Terima kasih untuk semua yang membantu Enzet selama 4 tahun ini menyelesaikan semuanya. Sekali lagi dibuktikan bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin jika bersungguh-sungguh menjalankannya," jelas Enzy Storia.

Itulah perjuangan Enzy Storia akhirnya raih gelar sarjana setelah 13 tahun menanti. Selamat.

Sumber : Kapanlagi.com

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar