Skip to main content

Resep Cipuk (Cireng Kerupuk). Gampaaaaang Banget Mak, Anti Gagal dan Anti Ribet!! Kuyyyy Dicoba


Ini namanya Cipuk alias Cireng Kerupuk. Barangkali ada yang inget, dulu saya pernah posting Cipuk oleh² tetangga dari Bandung, dan sempat terheran² sekreatif itu yaa orang Sunda ngolah aci jadi macem² makanan enak. Tekstur cipuk ini khas kaya cireng salju, luarnya kres² garing, dalamnya lembut mulur kaya mozzarela ..

Dan sekarang saya nyoba bikin sendiri, resep dari tetangga pake petuah ajaib "pokokna mah aci jeung kerupukna diaduk² aja, Teh!!" .. wkwkwkwk .. yaa sudah akhirnya diterawang aja kira² bahannya sekian dan sekian .. maa syaa Allaah ternyata gampaaaaang banget mak. Anti gagal dan anti ribet!! kuyyyy dicoba. Oiya Mak Frida pake kuah cuko sisa pempek nasi tempo hari. Cocol² syedaaappp beudh dah!! ..

Cipuk (Cireng Kerupuk)
By @fridajoincoffee

Bahan - bahan :

250 gr kerupuk bawang mentah

200 gr tepung tapioka/sagu tani/aci tani/aci/kanji

¼ sdt garam

1 liter air

Cara Membuat :

Rebus air hingga mendidih, kemudian matikan api kompor, masukkan kerupuk bawang mentah, lalu diamkan hingga kerupuk lembut, tapi jangan sampe hancur.

Dalam baskom siapkan tepung tapioka dan garam.

Ambil kerupuk dengan saringan, kemudian langsung tuang ke atas tepung tapioka, selagi kerupuk masih panas, aduk dengan sendok kayu, lalu aduk sekedar hingga lengket satu sama lain.

Jika kurang lengket, beri air panas sedikit saja dengan sendok makan (aku cuma nambah 1 sdm air panas).

Ambil 30 gram adonan cipuk, pipihkan, tidak perlu terlalu rapi, jadi sekitar 25 cipuk, kemudian  panaskan minyak, goreng cipuk hingga kering.

Sajikan dengan bumbu rujak atau kuah cuko.

Kuah Cuko :

Bahan - bahan :

500 gr gula merah

500 ml air

Bumbu Halus :

10 bawang putih

20 cabe rawit

5 butir asam kandis

1 sdt garam

Cara Membuat :

Rebus air dan masukan gula merah hingga larut, saring, lalu masukan ke panci lagi, rebus kembali, kemudian tambahkan bumbu halus.

Masukkan asam kandis dan garam, aduk hingga rata lalu koreksi rasa, gunakan api kecil.

Jika sudah mendidih, biarkan mendidih 5 menit, lalu matikan kompor, biarkan dingin di panci, jika sudah dingin buang asam kandisnya supaya tidak terlalu asam.

Kemas kuah cuko dengan botol dan simpan dalam kulkas.

Selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar