Skip to main content

Resep Membuat Cake Tape Yang Lembut Empuk dan Super Mulus


Assalamu'alaikum, met siang. 
Tapenya udah beberapa hari nganggur dikulkas, dapet tape yang bagus, warnanya kuning, sukaa banget, langsung eksekusi aja jadi cake. Puas banget baking hasilnya mulus gini, cakenya lembuutt banget. Gunakan tape yang tidak berair ya, hasilnya akan lebih bagus dan lembut. Tape yang berair menyebabkan kue jadi basah, sepengetahuan saya ini yah.

Cake Tape
By @fithriya79

Bahan - bahan :

200 gr tape singkong

65 gr santan instan

1 sachet kental manis putih

5 butir telur

135 gr gula pasir (tergantung manisnya tape)

1 sdt sp/emusilfier

200 gr tepung terigu protein sedang

1/2 sdt baking powder

150 gr margarin (saya mix dengan butter)

Topping : 

50 gr keju cheddar parut (sy skip)

Cara Membuat :

Lelehkan margarin, sisihkan, campur tape, santan, dan kental manis, lalu haluskan pake sendok, garpu atau whisker sambil dibuang seratnya, sisihkan. 

Campur tepung dan baking powder, sisihkan, kemudian siapkan loyang 24/25 cm yang telah dioles margarin dan taburi tepung tipis, sisihkan, lalu panaskan oven.

Campur telur, gula dan sp, lalu mixer dengan kecepatan tinggi hingga putih kental dan berjejak, kemudian turunkan mixer kecepatan rendah.

Masukkan campuran tape, mixer asal rata sebentar, matikan mixer, kemudian tambahkan tepung bertahap sambil diayak, aduk balik hingga rata sebentar, lalu tambahkan margarin leleh, aduk balik hingga rata.

Masukkan adonan dalam loyang, beri topping sesuai selera, kemudian panggang dioven yang sudah dipanasi terlebih dahulu, suhu 170 hingga matang, sesuaikan oven masing-masing ya.

Note :

Saya pake otang, dipanggang dg api sedang dirak tengah 30 menit, lanjut rak atas 20 menitan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar