Skip to main content

Resep Permen Jelly Gulung. Bikinnya Gampang dan Sangat Cocok Sebagai Cemilan Keluarga


Hai kali ini Hel buat permen jelly gulung. Ini bisa buat snack lebaran dan buat nya gampang lho.

Resep Permen Jelly Gulung
By @cookingwithhel

Bahan - bahan :

gula 1 gelas belimbing (200gr)

air 1 gelas belimbing (200ml)

agar-agar 1 sachet @ 7 gr

pewarna sesuai selera

Cara Membuat :

Campur semua bahan, masak hingga mengental seperti gulali tapi masih bisa di aduk2. Kalo kurang lama susah di gulung, kalo kelamaan malah ntar jadi gulali beneran.

Tuang pada loyang, ini pas kalo pakai loyang 25x25 atau buat tipis aja ya.

Setelah mengering taburi gula halus. ujung salah satu sisi jangan di taburi supaya pas di gulung bisa lengket.

Potong-potong sesuai selera, kemudain angin-angin kan hingga keras dan kering, lalu simpan dalam wadah tertutup, boleh tambah taburan gula halus.

Tips :

Kalo untuk buat versi gulung harus kental mirip gulali gitu, tapi masih bisa di aduk2. supaya pas di gulung tidak patah-patah. Dan ingat jangan terlalu kelamaan juga masaknya nanti malah jadi gulali beneran.

Misal kejadian patah saat digulung, karena teksturnya mirip agar2, solusinya adalah di masak ulang sampai cair trus digulung lagi.

Kalo buat nya gak di gulung, cuma di potong2 aja, gak perlu khawatir masalah kekentalan nya, pokok nya begitu kering tinggal di potong2 sesuai selera. Saat dituang Ketebalan juga sesuai selera, bebas, kan di potong2.

Untuk masalah pengeringan ini tergantung dari lama memasak, semakin lama masak nya semakin cepat proses pengeringan nya. Misal masak nya cuma asal mendidih aja proses pengeringan bisa 2-4 hari dan dengan bantuan jemur dibawah panas matahari. Sampai kering keluar kristal2 gula

Tapi kalo masaknya lama dan kental sebentar aja udah kering. Beberapa jam atau 1 hari di angin2 kan dalam suhu ruang udah kering. Tapi ingat masaknya juga jangan sampai kelamaan ya nanti jadi gulali beneran.

Selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar