Skip to main content

Resep Membuat Kue Cucur Sederhana. Manis Legit dan Super Gampang


Sore.. Yang manis-manis numpang lewat ya. Buat yang doyan jajanan jadul kayak saya pasti doyan kue cucur. Setelah sekian lama gak bikin kue cucur akhirnya bikin lagi setelah ketemu wajan antik bersejarah dari hasil bongkar gudang kemaren. Nih wajan dulu ceritanya hanya dipake buat PO kue cucur tapi karena makin kesini makin canggih dengan banyak munculnya wajan2 model baru akhirnya si wajan antik tersingkir.

Tapi percaya tidak percaya kalo saya bikin kue cucur pake wajan lain pasti gagal gaes bentuknya acak kadut. Jad jangan diliat dari jeleknya ya tapi liat fungsinya. Resep aslinya ini masih jadul pake takaran cangkir2an tempo doeloe, tanpa obat2an plus semua bahan ada di dapur. Cuss ini resepnya buat yang mau bikin sendiri dirumah ya.

KUE CUCUR
By @shirleyliem

Bahan - bahan :

200 gr gula merah sisir halus

250 ml air putih

1 lbr daun pandan disimpul

125 gr tep beras

100 gr tep terigu serbaguna

1/2 sdt garam

Minyak sayur seckpnya untuk menggoreng

Cara Membuat :

Didihkan air & daun pandan, masukkan gula lalu masak sampe gula larut saja, angkat & dinginkan, hasil akhir kurang lebih 300 ml larutan gula.

Aduk rata tep beras, tep terigu & garam.

Tuang larutan gula kedalam campuran tepung lalu aduk hingga tercampur rata & adonan mulus sempurna. 

Pukul-pukul adonan dengan handwhisk kurang lebih selama 5 menit, lalu diamkan adonan selama1 jam suhu ruang.

Panaskan minyak dalam wajan cekung agak dalam, kemudian tuang 1 sdk sup (50ml) adonan kue cucur lalu kecilkan api.

Masak hingga permukaan matang sambil disiram-siram dengan minyak, kemudian balik cucur sebentar lalu angkat & tiriskan, lakukan hingga adonan habis.

Siap dinikmati.

Hasil 12pc

Selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar