Skip to main content

RESEP MEMBUAT NASI UDUK HIJAU PANDAN. Lebih Wangi dan Enak Banget Menggunakan Pandan Asli


Nasi uduk hijau untuk tumpeng kemaren dibuang sayang hehehe.. 
Untuk memasak nasi menggunakan santan (nasi kuning atau nasi uduk) lebih dari 1/2 kg aku saranin masak di dandang yaa dan berasnya pun mesti harus dikukus terlebih dahulu, karena jika beras langsung dikaru/aron /masak langsung menggunakan santan dalam jumlah banyak setau aku berdasarkan pengalaman sulit untuk mateng ketika dikukus. Terlebih jika ngukusnya sekaligus jumlah banyak (sekali masak 3 kg) hasilnya setelah dikukus cenderung mentah, disamping itu nasi pun akan ancur/pecah2 karena keseringan diaduk pada saat proses ngaru dengan santan.

Karena nggak punya banyak stock daun pandan. Warna nasi masih pucat jadi aku pancing sedikit dengan pasta pandan dan tambahan kunyit bubuk desaku agar hijau alaminya dapet.

NASI UDUK HIJAU PANDAN
By : Lilik Indrayani

Bahan - bahan :

1 kg beras

Kurleb 600 ml jus daun pandan, 14 lembar pandan berukuran panjang & lebar, jika mengunakan pandan yang jenisnya kecil nggak panjang dan lebar mungkin bisa dikalikan 3 jumlah pandannya, pilih bagian yang sedang, tidak terlalu tua/muda karena menggunakan daun yang terlalu tua dikhawatirkan akan ada rasa pahitnya.

kurang lebih 900 ml santan kental dari 2 butir kelapa yang dikerok kulitnya

1 sdt lebih garam sesuai selera

4 batang serai geprek

4 lembar daun salam segar

8 lembar daun jeruk segar

Cara Membuat :

Cuci beras lalu tiriskan dan kukus kurang lebih selma 30 menit.

Didihkan santan dengan jus pandan, kemudian masukkan rempah daun dan garam, setelah santan mendidih, masukkan beras yang sudah dikukus dan masak hingga air agak sat, lalu angkat dinginkan sebentar agar air benar benar sat.

Didihkan air di dandang lalu kukus nasi kurang lebih selama 45 menit.

Jika memasak nasi hanya 1/2 kg, mengukus beras mentah terlebih dahulu bisa diskip, karu dahulu beras dengan jus pandan, setelah air sat terakhir masukkan santan atau mengkaru nasi bisa di rice cooker.

Mengkaru nasi sebaiknya di wajan anti lengket, tidak dianjurkan masak di panci stainless karena mudah hangus & lengket.

Takaran air bisa juga tergantung dengan jenis beras yang di pakai.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar