Skip to main content

Resep Roti Manis. Tetap Lembut dan Empuk Meski Sudah Dingin


Malam.. Roti lageeee. Persiapan bekal besok, akhir bulan, karena bakal lembur, oya yang gak suka posting roti terus, boleh lewati, tapi jangan ngintip. 

Ini saya buat adonan nya pagi sblm kerja, pulang kerja lanjut saya kerjakan, pulang kerja saya jam 2 siang yah, bkn sore, jadi adonan gak saya masukkan kulkas, tapi kalo teman2 juga mau membuat adonan di pagi hari, teman2 bisa masukkan adonan yang sudah di tutup plastik wrap kedalam. 

Kulkas, nanti kalo sudah pulang kerja, baru keluarkan dari kulkas, biarkan kurang lebih 30 menit di suhu ruangan,. Nah ini juga saya foto serat adonan yang sudah beberapa jam mengembang, bagus ya.

Roti Manis
By @yoenitaa

Bahan - bahan :
  • 350 gr tepung protein sedang
  • 5 gr Ragi instan
  • 60 Gula pasir
  • 10 gr susu bubuk
  • 2 kuning telur
  • 60 gr Mentega
  • 1/4 sdt Garam
  • Kurleb 180 ml Susu UHT dingin
Cara Membuat :

Siapkan mangkok besar, masukkan tepung terigu, susu bubuk kuning, gula, ragi, aduk rata, lalu tambahkan kuning telur, masukkan susu uht sedikit, demi sedikit.

Mixer hingga adonan setengah kalis, lalu masukkan mentega, garam mix kembali hingga kalis.
Keluarkan dari mangkok besar.

Uleni lg dengan tangan, bila adonan blm mendapatkan windowpane, masukkan kembali kedalam mixer dan mixxer lagi, hingga adonan rata.

Keluarkan dari wadah, lalu uleni kembali, bulatkan, baru letakkan dalam wadah, tutup dengan plastik warp, biarkan mengembang hingga 2x lipat, kurleb 1 jam
 
Setelah mengembang, kempeskan adonan, bagi adonan masing2 40 gr, kemudian bentuk adonan sesuai selera, isi dengan bahan isian, lalu bulatkan.

Letakkan adonan yang sudah dbentuk di atas cup, biarkan kembali mengembang 2x lipat, lalu olesi dengan susu uht.

Panaskan oven sebelumnya, kemudian panggang dengan suhu 180 derajat celcius selama 20-25 menit, atau tergantung oven msng2.

Setelah matang, angkat, olesi kembali dng susu cair dan mentega

Roti siap di nikmati dengan aneka isian, rotinya tinggal di pot, dan diisi bahan isian.

Selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar