Skip to main content

Nostalgia 9 pemeran di sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang tutup usia, aktingnya melekat di ingatan


Perannya yang ikonik membuat deretan pemeran pendukung yang sudah tutup usia ini begitu lekat di ingatan penonton.

Meski sudah 28 tahun berlalu sejak penayangan perdananya, sinetron Si Doel Anak Sekolahan masih jadi tontonan favorit hingga kini. Sinetron yang mengisahkan tentang kehidupan masyarakat Betawi ini kian menarik dengan berbagai tokoh yang membintanginya.

Bukan hanya pemeran utamanya, yakni Rano Karno, Cornelia Agatha, dan Maudy Koesnaedi, karakter-karakter unik di sinetron tersebut pun turut menambah keseruan dalam cerita. Seperti pemeran pendukungnya, yakni Mak Nyak, Babe Sabeni, dan beberapa yang lain. Peran mereka tak kalah top dengan pemain utamanya, lho.

Sayangnya, sosok yang membintangi peran tersebut sudah tutup usia. Aminah Cendrakasih pemeran Mak Nyak di sinetron tersebut baru saja berpulang. Ia menghembuskan napas terakhirnya pada 21 Desember 2022 pukul 20.00 WIB, setelah berjuang melawan penyakit glaukoma sejak 2002 silam. Namun perannya yang ikonik, membuat nama Mak Nyak dan beberapa pemeran pendukung lain begitu lekat di ingatan penonton.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (9/1), nostalgia pemeran di sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang tutup usia.

1. Sosok Mak Nyak yang diperankan oleh mendiang Aminah Cendrakasih memang begitu melekat di ingatan. Dalam serial Si Doel Anak Sekolahan, ia menjadi ibu dari Doel (Rano Karno). Kepergiannya pada 21 Desember 2022 setelah berjuang melawan penyakit glaukoma sejak 2002 menyisakan duka mendalam bagi keluarga dan penggemar serial ini.


2. Nggak hanya Mak Nyak, mendiang Benyamin Sueb yang memerankan Babe Sabeni, ayahnya si Doel pun cukup memorable. Karakternya begitu lekat, terlebih saat tengah cekcok dengan Mandra. Namun, kurang lebih setahun berperan, Bang Ben meninggal dunia akibat serangan jantung. Dalam cerita di sinetron, ia dikisahkan meninggal kecelakaan saat pulang setelah liburan ke Anyer.


3. Selanjutnya karakter Engkong Ali, kakek si Doel yang diperankan oleh Enun Tile. Tak berbeda jauh dengan Babe Sabeni, Engkong Ali begitu lekat dengan logat Betawinya yang khas. Pria yang akrab disapa Pak Tile ini mengembuskan napas terakhirnya pada 1998 silam di usia 65 tahun. Kepergiannya tepat dua tahun setelah Benyamin Sueb meninggal dunia.


4. Sosoknya yang pekerja keras dan kerap menyanyikan lagu Jawa di setiap kesempatan, membuat karakter Pak Bendot nggak pernah terlupakan. Mertua Karyo ini diperankan apik oleh Saparbe Notowidagdo. Ia telah berpulang untuk selama-lamanya pada 23 Desember 2001.


5. Peran Mas Karyo yang mencintai Atun tak kalah memorable. Sosoknya diperankan begitu apik oleh Basuki dengan logat medok Jawanya. Pelawak kelahiran 1956 ini meninggal dunia pada 2007 setelah bermain futsal.


6. Mendiang Rina Gunawan juga sempat bermain di Si Doel Anak Sekolahan. Dalam sinetron, Rina Gunawan berperan sebagai Ati sahabat dari Sarah (Cornelia Agatha). Ia beberapa kali tampak satu frame dengan Rano Karno. Kepergian Rina Gunawan karena Covid-19 pun membuat Rano Karno dan Cornelia Agatha begitu terpukul.


7. Penggemar Si Doel juga nggak asing lagi dengan karakter Roy. Ia berperan sebagai laki-laki antagonis yang menyukai Sarah (Cornelia Agatha). Sosok Roy diperankan oleh Djoni Irawan yang sama-sama berprofesi sebagai pengacara. Djoni mengembuskan napas terakhir pada 2012 lalu di usia 54 tahun.


8. Wah tentunya, kalian mengenal sosok Andre dong. Yap, pria berperawakan gempal yang dikisahkan memiliki ketertarikan dengan Atun ini cukup mencuri perhatian. Rupanya, Andreas Pancarian yang memerankan sosok Andre sudah lama meninggal dunia. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Rano Karno ketika ada penggemarnya yang menanyakan kabar terbaru Andre.


9. Tak kalah menarik, yakni sosok Sape'i musuh bebuyutan Doel sejak kecil. Diperankan oleh Tino Karno yang tak lain kakak dari Rano Karno, ia dikisahkan sebagai pengusaha ikan hias yang mengalami kebangkrutan. Aktor yang namanya melejit lewat film Si Doel Anak Betawi ini telah berpulang pada 3 Januari 2001 akibat serangan jantung.


Sumber : Brilio.net

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar