Skip to main content

Rumah kayu di atas sungai ini dari luar tampak estetik, penataan dalamnya juga bikin takjub


Bagus tidaknya rumah tergantung kelihaian penghuni rumahnya dalam hal menata.

Secara umum rumah dapat diartikan sebagai tempat untuk berlindung dari teriknya matahari dan hujan. Memiliki sebuah rumah adalah impian bagi setiap orang berkeluarga ataupun yang belum. Rumah merupakan tolak ukur tingkat kemapanan seseorang, semakin rumah itu bagus maka tingkat kemapanan semakin tinggi.

Namun, kebahagiaan seseorang tidak bisa diukur dari tingkatan materi. Desain rumah minimalis dengan konsep alam seperti rumah milik netizen bernama Mama Aisyah ini contohnya. Rumah tersebut dibangun di atas sungai dengan beralaskan kayu-kayu yang disusun rapi. Terdapat sebuah kapal yang digunakan sebagai alat transportasi second menambah kesan alami rumah tersebut. Namun sang pemilik tetap mengaku merasa aman dan nyaman menempatinya.


Adapun untuk bagian tembok dari rumah yang diduga berlokasi di Kalimantan ini masih menggunakan susunan kayu yang rapat dengan cat berwarna putih coklat. Semua sisi tembok berbahan kayu sangat rapi dan tetap memperlihatkan sisi estetik.


Sepanjang halaman depan rumah adalah hamparan perairan yang luas. Perairan ini sangat jernih dan bersih, ketika terkena pancaran sinar matahari air tampak berkilau. Suara air yang beriuk menambah kesan damai dan indah untuk dipandang. Terdapat sebuah kapal di halaman menambah kesan tradisional rumah itu.





Meskipun rumah kayu bagian interior rumah tetap nyaman dan rapi, dengan beralaskan lapisan ubin bermotif kotak-kotak berwarna biru menambah kesan minimalis namun nyaman. Adapun untuk barang-barang seperti peralatan masak tersusun rapi di sepanjang tembok dalam rumah, seperti panci, toples dan sebagainya.


Peralatan elektronik dalam rumah ini tersedia seperti TV dan speaker, disusun dengan sedemikian rapi dan tampak terawat. Barang elektronik cukup sederhana, tidak ada peralatan canggih lainnya. Seolah bukan menjadi masalah yang berarti di rumah ini. Penempatan barang disusun secara simple dan memanfaatkan ruangan membuat takjub mata yang memandangnya.


Terdapat beberapa komentar baik dari warganet di antaranya. Bagi sebagian orang yang mempunyai rumah adat seperti rumah Mama Aisyah merasa senang akan pemandangan dan kondisi rumah tersebut. Ditambah dengan desainnya yang minimalis dan tetap modern.



"Sbgai kturunan bugis aku suka bgt liat rumah kayak gini serasa inget rumah," kata akun @TikTok ovtakut3.

"Rapi dan indah di pandang mata salut bu," tulis akun @rusdianah_jamal.

"kyk rumah nenek saya di kampung ,,, nyaman bnget di pinggir laut adem bnyk angin ny tdr siang mntap bnget ," kata @ibrahim al-fatih.

Namun dari semua keindahan itu terdapat beberapa kendala terberat ketika mempunyai rumah di atas air yaitu ancaman binatang buas seperti buaya.

"gk ngeri buaya bun" tulis akun TikTok ikapranaa.

"maaf mo nanya klo rumah di atas aliran sungai gini ga takut sungai meluap kak?" akun TikTok ER.

"kalau punyak ank bayi gmn bun,tkt masuk ke sungai anknya," tulis TikTok dianatul3

Sumber : Brilio.net

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar